Parasite Bawa Pulang 4 Penghargaan Sekaligus di Chicago Film Critics 2019

Film Parasite kembali lagi memberikan kejutannya. Kali ini film asal Korea Selatan itu berhasil mendapatkan penghargaan di ajang Chicago Film Critics Association Awards. Karya yang dibesut oleh Bong Joon-ho tersebut mendapatkan sejumlah penghargaan paloing tinggi, termasuk Best Pictures, Best Orgininal Screenplay (Bong Joon-ho dan Han Ji-won), Best Foreign Language Film dan Best Director.

Borong 4 Penghargaan Sekaligus

Raihan yang didapatkan oleh Parasite tersebut diumumkan tanggal 14 Desember lalu di waktu setempat. Walaupun sempat mendapatkan 4 perolehan, Parasite tidak terbilang sebagai juara umum dikarenakan Little Women  yang mana disutradarai oleh Greta Gerwig pun mendapatkan 4 piala dari kategori Best Adapted Screenplay, Best Costume Design, Best Score. Sedangkan untuk Best Supporting Actress diraih oleh Florence Pugh.

Sedangkan untuk film terbaru hasil garapan Quentin Tarantino, Once Upon A Time… In Hollywood berhasil mendapatkan 2 penghargaan yaitu Best Supporting Actor yang diterima oleh Brad Pitt dan Best Art Director.

Tahun ini memang nampaknya menjadi tahun milik Parasite. Mereka pasalnya memulai langkah dengan menerima ‘standing ovation’ selama 8 menit lamanya di Cannes Film Festival ketika tayang perdana, Mei 2019 lalu. Tepuk tangan juga kembali mereka dapatkan di Los Angeles Film Critics Association. Di sana film Parasite ini memborong 3 penghargaan langsung untuk Best Supporting Actor yang diberikan pada Song Kang-ho, Best Director dan Best Pictures.

Ajang bergengsi Golden Globe Awards pun juga tidak mau kalah. Parasite jadi nomine untuk kategori Best Screenplay, Best Director dan juga Best Foreign Language Film.

Jadi Film Terbaik di LA Film Critics

Film Parasit memang pantas untuk mendapatkan penghargaan yang terbaik. Dalam ajang LA Film Critics, Bong Joon-ho jadi sutradara terbaik melalui film ini. Song Kang-ho juga mendapatkan penghargaan Pemeran Pendukung Terbaik karena aktingnya sebagai Kim Ki-taek dalam film satire itu.

Parasite pun juga jadi juara kedua di beberapa nominasi seperti yang sudah disebutkan di atas termasuk Best Production Design (Ha Jun-lee).

Los Angeles Film Critics Association adalah organisasi kritikus film yang berasal dari Amerika Serikat yang mulanya diadakan sejak tahun 1975. Tiap Desember, mereka memberikan penghargaan pada pelaku industry film yang bersinar tiap tahunnya. Pialanya bakal diberikan di bulan Januari tahun berikutnya.

Dilansir dari CNN Indonesia, Parasite sekarang ini jadi film Korea yang paling laris sepanjang masa di Amerika Serikat. Sejak ditayangkan di Amerika Utara bulan Oktober lalu, film ini result sgp pasalnya telah menjual tiket yang jumlahnya setara dengan US$ 20 juta atau sekitar Rp. 280 miliar.

Parasite sebelumnya juga membawa pulang penghargaan Best Pictures, Best Foreign Film dan Best Director di Toronto Film Critics Association Awards tahun 2019. Film ini pun jadi film asing terbaik dari National Board of Review. Wah, keren banget, ya!

Sekarang Parasite secara resmi menjadi perwakilan Korea Selatan untuk ajang penghargaan film paling bergengsi di dunia, OSCAR 2020. Film yang menggambarkan kesenjangan social serta kesenjangan ekonomi dua keluarga itu diharapkan bisa memenangkan piala Oscar di bulan Februari 2020 mendatang.

Apakah film ini berhasil meraih penghargaan juga di Oscar 2020 setelah Berjaya di beberapa ajang penghargaan dunia termasuk di Golden Globe dan juga di Blue Dragon Film Awards ke-40? Kita lihat saja nanti bagaimana tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *