Parasite Bakal dirilis Ulang Versi Hitam Putih Jelang Oscar

Kabar datang dari film Parasite yang digarap oleh sutraadra Bong Joon-ho yang akan rilis ulang. Namun rilis ulangnya ini dalam bentuk versi hitam putih, menjelang ajang penghargaan Oscar 2020 yang bergengsi ini. Kabarnya, Parasite berhasil mengantongi 6 buah nominasi Oscar, bahkan termasuk menorehkan sejarah sebagai film Korea pertama yang bakal bersaing di kategori Best Pictures.

Akan dirilis Ulang Versi Hitam Putihnya

Atas pencapaian itu, pihak rumah produksi pun akhirnya akan merilis ulang film versi hitam putih tersebut secara special pada Festival Film Internasional Rotterdam di akhir Januari ini, sebelum ditayangkan di bioskop. Terinspirasi oleh film horror bisu yang mana digarap oleh F.W Murnau 1922, Nosferatu dan juga yang lainnya. Joon-ho sendiri disebut telah bermimpi seumur hidupnya membuat film dalam format hitam putih.

Versi hitam putih dari film Parasite ini sebenarnya sudah dibuat sebelum pemutaran perdana film di Cannes, di mana dirinya memenangkan Palme d’Or. Sekarang, penonton pun pada akhirnya bisa melihat film dengan genre komedi gelap tersebut. “Saya sangat senang bisa menghadirkan Parasite hitam putih dan memainkannya di layar lebar,” ungkap Bong dikutip dari CNN Indonesia.

“Akan sangat menarik untuk melihat bagaimana pengalaman menonton berubah saat film yang identic disajikan dalam warna hitam dan putih. Saya telah menonton versi hitam putih dua kali sekarang, dan kadang film itu rasanya lebih seperti dongeng dan memberi saya perasaan aneh, seperti misalnya menonton sebuah cerita dari masa lalu,” ungkapnya lagi.

Ia juga menambahkan, “Kedua kalinya saya menontonnya, film terasa lebih realistis dan tajam, seolah-olah saya sedang dipotong dengan pisau. Selain itu juga, ia pun menyoroti penampilan aktor dan nampaknya lebih menguatkan karakter.”

“Saya memiliki banyak sekali kesan singkat tentang versi baru ini, namun saya tak ingin mendefinisikannya sebelum disajikan. Saya berharap semua orang yang hadir bisa membandingkan pengalaman mereka sendiri dari versi warna dan juga menemukan jalan mereka sendiri ke Parasite dalam warna hitam dan putih.”

Diberitakan bahwa sejauh ini, pemutaran Parasite yang versi hitam putih ini baru bakal tayang di Amerika Serikat dan Korea Selatan saja. Di Amerika Serikat misalnya, film ini direncanakan tayang mulai tanggal 30 Januari sampai dengan 6 Februari saja, dan di bioskop-bioskop tertentu saja. Sedangkan di Korea, film ini mulai akan hadir pada akhir Februari.

Parasite  memang meraih kesuksesannya dengan ragam kritik positif yang datang dari penonton-penontonnya dan juga kritikus film. Film Parasite juga berhasil mengumpulkan US$ 148 juta atau setara dengan Rp. 2 Triliun secara global. Tak Cuma itu, baru-baru ini juga Parasite berhasil menorehkan sejarah di ajang SAG Awards dengan menjadi film dengan Bahasa asing pertama yang mampu memenangkan Outstanding Performance by a Cast. Tak Cuma result hk itu, Parasite pun sudah mengantongi sejumlah nominasi lainnya.

Nominasi yang sudah jelas didapatkan oleh film Joon-ho ini termasuk di kategori Best Director, Best Film Editing, Best Screenplay, Best Productuon Design, dan Best International Film. Ajang pengharagaan Oscar yang bakal diadakan pada tanggal 9 Februari nanti atau 10 Februari waktu Indonesia akan menjadi ajang yang penting bagi Parasite.

Di Indonesia film Parasite ini juga kembali lagi hadir di jaringan bioskop XXI yang sebelumnya hanya diputar di bioskop Cinemaxx dan CGV saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *