Mengenal Teknik Stepover yang diciptakan Pemain Kelahiran Probolinggo

Posted on April 27, 2020Comments Off on Mengenal Teknik Stepover yang diciptakan Pemain Kelahiran Probolinggo

Apakah anda sebagai fans sepak bola sudah mengenal istilah bernama Stepover? Istilah Stepover ini pasalnya salah satu teknik individu yang dikenal juga dengan gocekan yang paling sering dipakai dalam dunia sepak bola. Stepover populer dan salah satunya karena pemain kelahiran Probolinggo, Jawa Timur, yaitu Law Adam.

Mengenal Stepover Lebih Dalam

Bahkan legenda Brasil, Ronaldo Nazario, merupakan salah satu pemain sepak bola yang sering sekali melakukan teknik gocekan Stepover ini untuk mengecoh lawannya. Begitu pun dengan Denilson yang mana sempat menjadi pemain termahal di dunia dengan Real Betis.

Sekarang ini memang sejumlah pemain masih memakai teknik Stepover ini, mulai dari Douglas Costa, Neymar, sampai dengan Cristiano Ronaldo. Akan tetapi sebenarnya siapa kah pemain pertama yang menggunakan gocekan Stepover ini? Siapa kah pencipta teknik ini sebenarnya?

Pencipta Teknik Stepover

Dalam sebuah buku yang berjudul Who Invented the Stepover? And Other Crucial Football Conundrums , gocekan Stepover ini kali pertamanya digunakan oleh seorang pesepakbola asal Argentina bernama Pedro Calomino di tahun 1910.

Calomino pasalnya merupakan legenda Boca Juniors yang sering sekali mempermalukan lawannya dengan teknik Stepover ini atau gerakan gunting. Penampilan flamboyant dari Calomino di sayap kanan ini sering membuat supporter Boca Juniors terpukau. Tak jarang mereka berteriak, “Lakukan, Calomino, lakukan,” untuk mendesak Calomino mengeluarkan jurus Stepover nya ketika melewati lawannya.

Gerakan Stepover sendiri makin dikenal dengan digunakannya oleh beberapa pesepakbola lainnya seperti misalnya pemain asal Belanda, Law Adam. Kali pertama ia menggunakannya di Eropa langsung menyedot perhatian. Adam adalah pemain yang dilahirkan di Probolinggo, Jawa Timur, saat zaman Hindia Belanda, tepatnya tanggal 11 Juni 1908.

Pertama kali Adam memulai karirnya di dunia pesepakbolaan ini untuk HVV Den Haag di Belanda. Pada usianya yang masih sangat muda, 19 tahun, ia memulai studinya di Zurich di mana ia kemudian bermain untuk Grasshopper-Club Zurich. Ia melakukan denut pertamanya untuk Swiss dalam pertandingannya melawan Austria di tahun 1929. Tim sepak bola Belanda kemudian mengunjungi Swiss setahun setelahnya dan Adam kemudian diundang untuk bermain totobet online di negara asalnya, Belanda.

Adam yang mana meninggal di Surabaya pada tanggal 15 Mei 1941 ini diklaim menyempurnakan teknik Stepover ini dan kemudian mempopulerkannya di Eropa. Salah satu bukti bahwa Adam sering menggunakan teknik ini terlihat pada bulan Oktober 1932 saat suratkabar Belanda bernama Het Vaderland meliput sebuah pertandingan persahabatan antara timnas Belgia melawan TImnas Belanda di Brussels.

Ketika pertandingan menyisakan hanya 15 menit saja, dan kedudukan imbang jadi 2-2, Adam melewati salah satu pemain lawannya dan mengecoh kapten Belgia Nicolas Hoydonckx dengan menggunakan gerakan Stepover ini. Dan lalu Stepover ini diklaim oleh media Belanda sebagai salah satu gerakan yang diciptakan oleh Adam setelah mendapatkan inspirasi dari melihat atlet ski es yang sering sekali melakukan gerakan gunting itu.

Kemudian Adam dikabarkan meninggal karena masalah jantung. Adam meninggal tak lama pasca ia mengikuti pertandingan persahabatan di Surbaya. Ia meninggalkan lapangan di menit ke053 sesudah dirinya mencetak 2 gol dan 3 assists. Kemudian Adam mendapatkan julukan ‘Adam de Schaarman’ atau ‘Adam Manusia Gunting’ karena gerakan Stepover nya ini. Sepanjang karirnya, ia bemain utnuk Grasshoppers dan klub HVV setelah berhasil mengoleksi 11 caps dengan timnas Belanda.